0

Perbedaan VGA dan Processor

Posted by arumalra00 on August 25, 2018 in Uncategorized |

1 . Berdasarkan Definisinya

VGA card atau disebut juga dengan kartu VGA, berasal dari singkatan “Video Graphics Accelerator” yang berfungsinya mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor komputer. VGA juga mempunyai prossesor yang di sebut dengan GPU “Graphics Processing Unit” dan juga membutuhkan memory. Kartu VGA berfungsi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis ataupun bermain permainan video game dan lain-lain, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.

Sedangkan Procesor adalah chip yang merupakan otak dari komputer atau laptop yang dikenal dengan CPU (Central Processing Unit). Procesor adalah sirkuit logika yang merespon dan memproses intruksi dasar yang menggerakkan komputer. Procesor yang tertanam pada notebook sering disebut dengan microprocessor. Mikrochip ditanamkan pada harddrive CPU memproses intruksi yang dikirimkan kepadanya oleh komputer dan program perangkat lunak. Semakin besar Clock processor, semakin cepat juga CPU melakukan proses pengolahan data. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard (Daulay, 2007).

2. Berdasarkan Fungsinya

Fungsi VGA Card (Video Graphics Accelerator) adalah untuk menerjemahkan ataupun mengubah sinyal digital yang berasal dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VGA card juga memiliki fungsi menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk bermain video game, membuat design graphic dan sebagainya.

Sedangkan Fungsi Processor juga di gambarkan sebagai otak dari sebuah komputer itu sendiri, di mana setiap data akan melalui processor mengeluarkan atau output yang sepantasnya. Processor juga dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik. Pada awalnya fungsi processor hanya untuk pengolahan aritmatika saja, seperti kalkulator pada saat ini. Namun sekarang ini processor telah bergeser fungsinya mengarah ke multimedia. Pada masa dahulu bentuk processor di pasang secara slot, tetapi saat ini, bentuk processor semuanya di pasang secara socket. Pada saat ini terdapat dua perusahaan besar processor yaitu Intel dan AMD.

3. Berdasarkan Jenis-Jenisnya

VGA terbagi menjadi dua jenis, yakni adalah VGA On-Board dan VGA Add-On. VGA On-Board umumnya digunakan dan ditujukkan untuk komputer dengan spesifikasi rendah. Yang tentunya aktivitas seperti desain, bermain game HD, dan mengedit foto bukan kebutuhan utama. Selain itu, VGA On-Board biasanya ditemukan pada laptop atau komputer dengan detail seperti ini: Komputer server kecil, Laptop atau netbook dengan layar kecil (10”), Laptop dengan harga kisaran 2 hingga 3 jutaan (low end). Berbeda dengan VGA On-Board, VGA Add-On tidak tertanam langsung di motherboard komputer. Selain hal tersebut, VGA Add-On serta dapat bekerja sendiri tanpa harus mengandalkan kemampuan dari memori RAM yang ada pada computer. Dengan adanya VGA Add-On, maka komputer tersebut dipastikan dapat melakukan hal-hal berat semacam desain grafis, bermain game HD, serta melakukan hal-hal lainnya yang dirasa merupakan aktivitas berat bagi komputer. VGA Add-On dapat bekerja lebih maksimal dibandingkan dengan VGA On-Board.

Sedangkan Jenis – Jenis Processor berdasakan pabrik pembuatnya :

1. Processor Intel. Produk ini merupakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan Intel Corporation yang merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat dan berdiri sejak tahun 1968.

2. Processor AMD. Sama seperti Intel, AMD merupakan perusahaan semikonduktor multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat tepatnya di Sunnyvale, California, Perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar kedua setelah Intel Corporation untuk pemasok global mikroprosesor yang berdasarkan arsitektur x86, dan pada tahun 2007, Perusahaan ini menempati peringkat kesebelas dari segi pendapatan.

3. Processor Apple. Apple Inc perusahaan yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc. juga merupakan sebuah perusahaan multinasional dengan pusat kantornya di Silicon Valley, Cupertino, California, bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan serta penjualan produk – produk elektronik, komputer pribadi, laptop Apple serta perangkat lunak komputer. didirikan tepatnya pada tanggal 1 April 1976 dan dinamakan secara resmi menjadi Apple Computer, Inc. kemudian  9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus dan fokus pada nama Apple pasca peluncuran produk iPhone.

4. Processor Cyrix VIA. Cyrix adalah salah satu perusahaan pengembang mikroprosesor yang berdiri pada tahun 1988,tepatnya di Richardson, Texas. pada tanggal 11 November 1997 perusahaan ini bergabung dengan National Semiconductor. dan kemudian diakusisi oleh VIA pada 1999.

5. Processor IBM. International Business Machines Corporation ( IBM ) merupakan sebuah perusahaan yang berkantor pusat  di Armonk, Town of North Castle, New York, Amerika Serikat, yang memproduksi serta menjual berbagai perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. IBM sendiri didirikan tepatnya pada tanggal 16 Juni 1911, dan beroperasi sejak 1888.

6. Processor IDT. Integrated Device Technology adalah perusahaan yang lebih kecil yang menghasilkan CPU dengan harga murah. berdiri pada tahun 1980 dan berkantor di San Jose, California Amerika  serikat, IDT merupakan perusahaan pembuat processor WinChip yang diperkenalkan pertama kali pada Mei 1997.

DAFTAR PUSTAKA

Pengertian VGA Card Komputer Dan Jenisnya

http://sir.stikom.edu/121/6/BAB%20III.pdf

https://www.indoworx.com/jenis-jenis-vga/

Pengertian Processor, Fungsi dan Jenis – Jenisnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2018-2024 arumalra00's blog All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.5, from BuyNowShop.com.