0

Pengertian dan Sejarah Etika Komputer

Posted by arumalra00 on October 22, 2018 in Uncategorized |

Etika komputer (Computer Ethic) adalah seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan penggunaan komputer. Etika komputer berasal dari 2 suku kata yaitu etika (bahasa Yunani: ethos) adalah adat istiadat atau kebiasaan yang baik dalam individu, kelompok maupun masyarakat dan komputer (bahasa Inggris: to compute) merupakan alat yang digunakanuntuk menghitung dan mengolah data. Jumlah interaksi manusia dengan komputer yangterus meningkat dari waktu ke waktu membuat etika komputer menjadi suatu peraturandasar yang harus dipahami oleh masyarakat luas.

Etika komputer adalah sebagai analisis mengenai sifat dan dampak sosial teknologikompuetr, serta formulasi dan justifikasi kebijakan untuk menggunakan teknologi tsbsecara etis. Etika komputer juga bisa di definisikan sebuah frase yang seringdigunakan namun sulit untuk didefinisikan. Untuk menanamkan kebiasaan komputer yang sesuai, etika harus dijadikan kebijakan organsasi etis. Sejumlah organisasimengalamatkan isu mengenai etika komputer dan telah menghasilkan guideline etikakomputer, kode etik.

Peranan etika dalam profesi antara lain :

1. Nilai-nilai etika itu tidak hanya milik satu atau dua orang, atau segolongan orangsaja, tetapi milik setiap kelompok masyarakat, bahkan kelompok yang paling kecilyaitu keluarga sampai pada suatu bangsa. Dengan nilai-nilai etika tersebut, suatukelompok diharapkan akan mempunyai tata nilai untuk mengatur kehidupanbersama.

2. Salah satu golongan masyarakat yang mempunyai nilai-nilai yang menjadilandasan dalam pergaulan baik dengan kelompok atau masyarakat umumnyamaupun dengan sesama anggotanya, yaitu masyarakat profesional. Golongan inisering menjadi pusat perhatian karena adanya tata nilai yang mengatur dan tertuangsecara tertulis (yaitu kode etik profesi) dan diharapkan menjadi pegangan paraanggotanya.

3. Sorotan masyarakat menjadi semakin tajam manakala perilaku-perilaku sebagianpara anggota profesi yang tidak didasarkan pada nilai-nilai pergaulan yang telahdisepakati bersama (tertuang dalam kode etik profesi), sehingga terjadi kemerosotanetik pada masyarakat profesi tersebut. Sebagai contohnya adalah pada profesihukum dikenal adanya mafia peradilan, demikian juga pada profesi dokter denganpendirian klinik super spesialis di daerah mewah, sehingga masyarakat miskin tidakmungkin menjamahnya.

Etika komputer umumnya adalah satu bidang mengenai penggunaan komputer yangbetul (panduan). Hak peribadi individu, ketepatan dan kesahihan maklumat, hartaintelek dan capaian adalah antara isu/dilema yang membabitkan etika penggunaankomputer dalam era maklumat. Penggunaan TM + x bertanggungjawab = isuetika/natijah

Sejarah Etika Komputer

Komputer ditemukan oleh Howard Aiken pada tahun 1973, Penemuan komputer di tahun 1973 ini menjadi tonggak lahirnya etika komputer yang kemudian berkembang hingga menjadi sebuah disiplin ilmu baru di bidang teknologi.

Tahun Penemu
1940 an Norbert Wiener

(Professor MIT)

1960 an Donn Parker

(SRI Internasional Menlo Park California)

1970 an J. Weizenbaum

Walter Maner

1980 an James Moor

(Dartmouth College)

1990 an s/d sekarang Donald Gotterbam Keith Miller

Simon Rogerson, Dianne Martin, dll

 

1940 an : 

Pada awal tahun 1940-an Profesor Norbert Wiener mengembangkan sebuah meriam antipesawat yang mampu melumpuhkan setiap pesawat tempur yang meintas di sekitarnya. Pengembangan tersebut kemudian memicu penelitian tentang perkembangan teknologi dan etika yang menciptakan suatu bidang riset baru yang disebut cybernetics atau the science of information feedback system. Yang kemudian membuat Wiener menarik kesimpulan etis tentang pemanfaatan teknologi yang sekarang dikenal dengan Teknologi Informasi (TI). Dalam penelitiannya, Wiener juga meramalkan terjadinya revolusi sosial dari perkembangan teknologi informasi yang dituangkan dalam sebuah buku berjudul Cybernetics: Control and Communication in the Animal and Machine. Penelitian tersebut masih berlanjut hinggs tahun 1950-an. Konsep pemikiran tersebut yang menjadi fondasi dalam perkembangan etika komputer di masa mendatang.

1960 an : 

Pada pertengahan tahun 1960-an. Doon Parker dari SRI International Menlo Park California melakukan berbagai riset untuk menguji penggunaan komputer yang tidak sah dan tidak sesuai dengan profesionalisme dalam bidang komputer. Parker juga dikenal sebagai pelopor kode etik profesi bagi profesionla di bidang komputer, yang ditandai dengan usahanya pada tahun 1968 ketika ditunjuk untuk memimpin pengembangan Kode Etik Profesional yang pertama dilakukan untuk Association for Computing Machinery(ACM).

 

1970 an :

Perkembangan etika komputer di era 1970-an diwarnai dengan adanya kecerdasan buatan yang memicu perkembangan program komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi langsung dengan komputer, salah satunya ELIZA. Program psikoterapi Rogerian ini diciptakan oleh Joseph Weizenbaum dan memunculkan banyak kontroversi karena Weizenbaum telah melakukan komputerisasi psikoterapi dalam bidang kedokteran. Perkembangan tersebut kemudian memunculkan istilah “Computer Ethic” yang dikemukakan oleh Walter Maner. Maner menawarkan suatu kursus eksperimental atas materi pokok tersebut pada Old Dominion University in Virginia. Sepanjang tahun 1978 ia juga mempublikasikan sendiri karyanya Starter Kit in Computer Ethic. Yang berisi material kurikulum dan pedagogi untuk para pengajar universitas dalam pengembangan pendidikan etika komputer. Era ini terus berlanjut hingga tahun 1980-an dan menjadi masa keemasan etika komputer, khususnya setelah diterbitkannya buku teks pertama mengenai etika komputer yang ditulis oleh Deborah Johnson dengan judul Computer Ethic.

1990 an s/d sekarang :

Sepanjang tahun 1990 berbagai pelatihan baru di universitas, pusat riset, konferensi, jurnal, buku teks dan artikel menunjukkan suatu keanekaragaman yang luas tentang topik di bidang etika komputer. Sebagai  contoh, pemikir seperti Donald Gotterbarn, Keith Miller, Simon Rogerson, dan Dianne Martin seperti juga banyak organisasi profesional komputer yang menangani tanggung jawab sosoal profesi tersebut. Etika komputer juga menjadi dasar lahirnya peraturan undang-undang mengenai kejahatan komputer.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.scribd.com/doc/101513212/Pengertian-Etika-komputer (di akses pada tanggal 22 Oktober 2018 pukul 17.55)

dinus.ac.id/repository/docs/…/SEJARAH_ETIKA_KOMPUTER.ppt  (di akses pada tanggal 22 Oktober 2018 pukul 18.00)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2018-2024 arumalra00's blog All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.5, from BuyNowShop.com.